Rekomendasi Olahan Daging Kambing Yang Nikmat

rumah aqiqah bekasi

Bagi sebagian orang, memakan daging kambing bisa menyebabkan kolesterol naik. Padahal nyatanya, daging kambing rendah kolesterol dan tidak mengandung karbohidrat. Daging kambing juga mengandung zat besi yang bermanfaat dan mengandung potasium untuk menstabilkan jantung. Tidak hanya itus aja, kadar natrium pun tergolong rendah, sehingga bisa berguna untuk penderita tekanan darah. Biasanya olahan daging kambing sering ditemukan pada perayaan Idul Adha. Padahal sehari-harinya pun kita bisa menikmati olahan daging kambing ini. Selain dimasak pada hari raya Idul Adha, daging kambing pun banyak diolah untuk kebutuhan aqiqah anak. Jika ingin mengonsumsi daging kambing sebagai lauk, ada baiknya untuk mempertimbangkan porsi dan bagian-bagian yang harus dikurangi. Misalnya tidak memakan babat, usus, atau otak.

Baca juga : konveksi kaos raglan bandung

11 Rekomendasi Olahan Daging Kambing Nikmat

Daging kambing ini bisa diolah menjadi berbagai macam olahan yang enak dan nikmat. Dalam pengolahannya tentu harus memperhatikan beberapa hal supaya tidak bau prengus dan bisa empuk. Bayangkan jika olahan daging kambing yang bentuknya cantik tetapi ketika digigit ternyata alot. Tentunya hal ini akan mengurangi nikmatnya menyantap daging kambing. Bagi Anda yang ingin mengolah daging kambing, namun bingung ingin mengolahnya menjadi apa. Berikut ini ada beberapa rekomendasi olahan daging kambing, setidaknya bisa membantu Anda supaya tidak kebingungan.

  1. Sate Kambing

Merupakan salah satu olahan daging kambing yang menjadi favorit banyak orang. Sebelum dibuat menjadi sate, daging kambing akan direbus terlebih dahulu selama kurang lebih 1 jam. Hal ini dimaksudkan supaya bumbu sate bisa meresap ke dalam daging kambing dan memberikan rasa nikmat. Jika sudah nantinya akan dibakar diatas bara api sampai matang. Biasanya sate kambing disandingkan dengan bumbu kecap atau bumbu kacang supaya lebih nikmat ketika disantap.

  1. Tongseng

Olahan satu ini pun sangat populer dan banyak orang yang menyukainya. Tongseng biasa ditemukan di hari raya Idul Adha atau aqiqahan. Namun banyak restaurant atau tempat makan yang juga menyajikan tongseng setiap harinya untuk para pelanggannya. Tongseng dibuat dari potongan daging kambing sampai tengkleng atau tulang kambing. Dimasak dengan santan, kecap, dan rempah lainnya. Cita rasa yang dihasilkan dari tongseng ini pun gurih, sedikit manis dan aromanya bisa membuat banyak orang ketagihan. Biasanya tongseng ditambahkan tomat dan kol. Disajikan dengan nasi yang masih hangat akan membuat tongseng semakin enak dimakan.

  1. Gulai Kambing

Kemudian ada gulai kambing bagi orang yang gemar dengan sajian kuah santan. Perpaduan antara santan kuning yang gurih dengan potongan daging kambing sangat cocok disajikan dengan lontong atau ketupat. Bahkan juga bisa disajikan dengan nasi hangat sebagai makan siang atau makan malam. Gulai kambing tidak hanya bisa dibuat dari potongan daging kambing saja. Tetapi juga bisa diolah dari kikil, tengkleng, sampai jeroan. Nantinya akan dimasak sampai empuk dan tidak meninggalkan aroma bau prengus. Selain itu juga bisa ditambahkan beberapa buah cabe rawit utuh ke dalam rebusan gulai supaya rasanya lebih pedas dan segar.

  1. Rendang Kambing

Siapa bilang rendang hanya bisa dibuat dari daging sapi saja? Saat ini daging kambing pun bisa dijadikan rendang dan rasanya pun tidak kalah nikmat dari daging sapi. Daging kambing yang diolah dengan tepat dan racikan bumbu pas akan menghasilkan rendang kambing tidak ada duanya. Untuk rendang sendiri ada dua jenisnya, yakni rendang basah dan rendang kering. Jika hanya ingin dimakan beberapa kali maka bisa membuat rendang kambing basah. Tetapi jika ingin dikonsumsi dalam jangka waktu lama, maka bisa membuat rendang kambing kering.

  1. Gepuk

Selanjutnya ada olahan daging kambing yang tidak kalah nikmat dan enak. Gepuk menjadi salah satu olahan daging kambing yang sudah tidak asing ditemukan di warung nasi tegal atau restaurant wilayah Sunda. Umumnya, gepuk memang dibuat dari daging sapi yang dipipihkan. Namun saat ini sudah ada inovasi gepuk daging kambing. Cara pengolahannya pun menggunakan bermacam-macam rempah. Dari segi tekstur sebenarnya sedikit hancur dan kering, namun masih enak untuk dinikmati. Selain itu olahan daging kambing ini pun tidak akan mudah basi.

  1. Abon Kambing

Menyantap abon sapi atau ayam sudah terlalu biasa untuk Anda? Nah, abon kambing ini bisa menjadi salah satu alternatifnya. Tidak hanya memberikan rasa yang enak, abon kambing pun juga bisa tahan lama meskipun di suhu ruangan atau lemari es. Jadi misalnya Anda ingin memberikan kepada teman atau keluarga, maka masih bisa dinikmati untuk waktu yang sedikit lebih lama.

  1. Krengseng

Cara masak dan bumbu yang dipakai untuk mengolah krengseng sendiri hampir sama dengan tongseng. Hanya saja krengseng ini dibuat menggunakan sedikit kuah atau bahkan tidak ada. Bumbu-bumbu digunakan adalah tomat, pala, kecap manis, lada, merica, bawang merah, dan bawang putih. Cita rasa yang dihasilkan dari olahan krengseng ini pedas, gurih dan manis. Jadi cocok dinikmati dengan sepiring nasi hangat untuk makan siang atau makan malam.

  1. Kari Kambing

Untuk menu olahan daging kambing yang satu ini proses pembuatannya lebih sederhana dari sate. Jadi tidak heran jika lebih cepat masak dan bisa dinikmati saat itu juga. Potongan daging kambing yang digunakan untuk membuat kari akan direbus sedikit lama supaya empuk. Kemudian dicampurkan dengan kuah kari kental dan gurih. Pastinya membuat siapa saja yang menyantap olahan ini akan ingin meminta tambah. Kari kambing ini pun cocok dinikmati untuk makan siang dan makan malam.

  1. Rolade Kambing

Pastinya Anda merasa sedikit asing dengan rolade kambing bukan? Sebab biasanya memakan olahan rolade ayam atau tahu. Rolade kambing ini bisa dijadikan untuk camilan saat berkumpul bersama keluarga atau ketika ada tamu yang datang. Rolade kambing ini disajikan dengan sambal botol dan ditemani teh hangat. Jangan lupa untuk menambahkan kentang, wortel dan buncis. Jadi dalam sekali suap akan mendapatkan kebutuhan vitamin dan protein. Selain dijadikan camilan, rolade kambing juga bisa disantap bersama dengan nasi supaya lebih kenyang.

  1. Semur Daging Kambing

Bagi Anda yang ingin menyantap daging kambing tetapi kurang suka dengan aroma menyengat. Maka olahan semur daging kambing menjadi salah satu alternatif. Ini karena perpaduan beragam macam bumbu dan rempah seperti cengkeh, pala, kayu manis, dan bumbu lainnya bisa menyamarkan aroma daging kambing yang prengus. Untuk proses masaknya pun cukup lama agar tekstur daging kambing bisa lebih lembut saat disantap. Dijamin cocok disajikan dengan makan siang atau makan malam.

  1. Iga Kambing Bakar Madu

Selain itu Anda juga bisa membuat iga kambing bakar madu untuk menu bakaran yang menggugah selera dan nikmat. Tambahkan olesan madu, maka iga kambing bisa menjadi pengganti sajian sate yang tidak kalah lezat. Supaya lebih empuk dan lembut, sebaiknya daging kambing direbus terlebih dahulu menggunakan rempah sampai benar-benar matang sebelum di bakar kembali. Tidak hanya lembut, iga bakar madu ini pun akan gurih sampai ke bagian dalam.